Resep Gudeg Jogja Gurih Nikmat

Resep Gudeg Jogja - Gudeg Jogja memang sudah sangat terkenal hingga ke luar negeri karena banyak turis luarnegeri yang datang ke Kota Gudeg yaitu Yogyakarta. Sentra gudeg di Jogja dapat kita datangi di daerah Wijilan dekat alun-alun utara Keraton Jogja. 

Sajian Istimewa dari kota Jogja Istimewa memang tak mengecewakan. Bagi para pelancong yang ke Jogja jangan sampai melewatkan makanan ini karena dijamin ketagihan. Masakan tradisioanal dari Jogja yang sangat khas, mampu membuat kita kagum dengan rasa yang dihasilkannya.

Gudeg di daerah lain, mungkin hanya dijadikan menu masakan untuk acara besar, namun kalau di Jogja tidak demikian. Di Jogja makanan Gudeg di jadikan menu makanan pilihan yang istimewa harganya pun bervariasi dari harga yang terjangkau 6 ribu rupiah hingga harga yang mahal 45 rb rupiah, tergantung gudeg apa yang kita makan dan dimana kita makan. 

Bagi Para pecinta Gudeg yang datang ke Jogja dan ingin membawa Gudeg asli Jogja ke daerahnya bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh. Gudeg yang dijual biasanya ada pilihannya antara lain bubur gudeg, nasi gudeg telor, nasi gudeg suwir (pake suwiran ayam), nasi gudeg ayam, atau nasi gudeg komplit. Jika ingin membawa gudeg pulang biasanya disajikan dalam pilihan gudeg besek dan gudeg kendil.

Rasa Gudeg yang manis dan gurih menjadikan makanan ini banyak peminatnya. Bagi anda yang tak sempat datang ke kota Gudeg atau ingin mencobanya dirumah dengan gudeg buatannya sendiri, kami dapat berbagi resep gudeg yang tak kalah nikmat dengan para penjual gudeg untuk anda. 

Masakan nusantara kali ini yang akan kami bagikan resepnya adalah masakan Gudeg khas Jogja. Silahkan catat dan praktekkan secara langsung Resep Gudeg Jogja dari kami.

Resep Gudeg Jogja
Resep Gudeg Jogja

Bahan Gudeg Jogja :

  1. Nangka muda secukupnya, dipotong kecil-kecil dulu atau potong kasar
  2. 3 butir telur ayam, rebus lalu kupas kulitnya
  3. 1/2 kg daging ayam
  4. 3 lembar daun jati
  5. 1 butir santan kelapa

Bumbu Halus Gudeg Jogja :

  1. 8 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1/2 sendok ketumbar
  4. 10 biji kemiri
  5. Terasi secukupnya
  6. 2 sdm gula merah
  7. Garam dan Penyedap secukupnya
  8. 1 ruas lengkuas (jangan dihaluskan)
  9. 2 lembar daun salam (jangan dihaluskan)

Cara Membuat Gudeg Jogja

  1. Pertama rebus nangka berbarengan dengan daun jati agar nangka berwarna kemerahan dan cepat lunak, lalu tiriskan
  2. Masukkan bumbu halus kedalam panci yang berisi nangka, masukkan ayam dan santan separuh saja
  3. Terakhir masukkan telur dan tambahkan santannya lagi, lengkuas dan salam, masak hingga santannya habis
  4. Nah santai dulu karena sayur gudeg harus diinapkan 1 malam dalam kuali supaya bumbu meresap kedalam ayam, telor dan nangka. kalau sudah 1 malam masakan ini sudah selesai dan siap disajikan dan disantap
 Sajian istimewa dari kota Jogja istemewa telah kami bagikan. Bagi anda yang penasaran kelezatannya yang gurih dan nikmat silahkan praktekkan Cara Membuat dan Resep Gudeg Jogja yang istimewa dari kami. Selamat mencoba semoga bermanfaat dan sukses memasaknya. Untuk para penikmat kuliner mancanegara silahkan kunjungi resep Italy kami Resep Lasagna  masakan yang tak kalah lezat dan tak kalah populer

0 Response to "Resep Gudeg Jogja Gurih Nikmat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel