Resep Kue Putu Bumbung Istimewa

Resep Kue Putu Bumbung - Jajanan tradisional yang masih eksis hingga kini salah satunya adalan kue putu bumbung. Hingga kini masih banyak penjajak jajanan tradisional kue putu bumbung. Biasanya penjual kue putu bumbung keliling komplek perumahan mulai siang hari terkadang juga ada di sore hari. Harganya yang terjangkau tak jarang anak kecil yang sering membelinya.

Kue putu biasanya berwarna hijau atau putih tergantung selera kita. Bentuk dari kue putu seperti tabung namun kecil. Di dalam kue putu ada gula merahnya, sehingga ketika kue putu dibelah menjadi dua maka lelehan gula itu akan keluar. Dalam penyajiannya kue putu biasanya di taburi parutan kelapa untuk menambah rasa gurih. 

Alat yang digunakan untuk membentuk kue putu sangat unik yaitu dengan menggunakan potongan bambu kecil dengan ukuran kira2 panjangnya 4 cm. Cara memasaknya juga unik, mengeluarkan bunyi seperti siulan. 

Bagi anda yang sekarang sudah dewasa pasti tak asing lagi dengan jajanan ini. Namun sayangnya bagi putra putri anda yang masih kecil di era ini pasti ada yang belum tahu apa itu kue putu. Dari pada anda hanya bercerita kepada anak anda apa saja jajanan anda waktu kecil, mendingan anda bikinin juga jajanan yang sama untuk anak anda di rumah.

Kami akan membagikan resep dan cara membuat jajanan tradisional ini. Berikut Resep Kue Putu Bumbung yang istimewa untuk anda dan si buah hati.

Resep Kue Putu Bumbung
Resep Kue Putu Bumbung

Bahan Kue Putu Bumbung : 

  1. 375 gr tepung beras
  2. Air secukupnya
  3. ½ btr kelapa, parut
  4. Garam secukupnya
  5. Daun pandan secukupnya
  6. 250 gr gula merah, iris tipis
  7. Potongan bambu kecil dengan panjang 10 cm, diameter 4 cm (untuk cetakan)

Cara Membuat Kue Putu Bumbung :

  1. Remas-remas tepung beras dengan sedikit air hingga lumat dan kalis. Buat beberapa kepalan dan kukus hingga matang
  2. Hancurkan kukusan tepung, campur dengan kelapa parut dan garam, aduk rata. Isikan ke dalam potongan bambu, isi dengan potongan gula merah di dalamnya.
  3. Alasi dengan daun pandan, kukus hingga matang, angkat
  4. Keluarkan kue dari bambu, hidangkan dengan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan sedikit garam
  5. Sajikan selagi hangat dengan teh manis atau kopi panas anda
Demikian Cara Membuat dan Resep Kue Putu Bumbung yang istimewa dari kami. Bagi anda yang ingin mencoba resep kue yang lainnya, silahkan coba resep baru dari kami yaitu Resep Ombre Cake. Selamat mencoba di dapur kesayangan anda, semoga bermanfaat

0 Response to "Resep Kue Putu Bumbung Istimewa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel