Resep Cara Membuat Kopi Enak Mantap

Resep Cara Membuat Kopi Enak Mantap - Sering kali untuk sebagian orang berfikir kalau kopi adalah minuman yang sangat tidak sehat karena kandungan kafein yang terlalu tinggi pada kopi dapat mengganggu beberapa masalah kesehatan pada tubuh . padahal jika anda tahu kopi itu tidak sepenuhnya menjadi minuman yang berbahaya jika di konsumsi dengan tepat . bagi anda yang punya penyakit magh atau mempunyai masalah dengan lambung anda tetap dapat menikmati nikmatnya kopi setelah anda makan .

Selain itu juga yang anda harus ingat dalam mengkonsumsi kopi adalah kandungan gula dalam campuran kopi yang nantinya akan anda nikmati . buatlah kopi dengan gula yang memiliki rendah gula dan sebisa mungkin buatlah kopi dengan air yang lebih banyak atau encer . agar kandungan yang terdapat dalam kopi tidak terlalu banyak diserap oleh tubuh anda . anda dapat menikmati kopi maksimal 1-2 cangkir perhari agar mendapatkan porsi yang pas atau tidak berlebihan untuk menjaga kesehatan dalam tubuh .

Memang saat ini kopi dinikmati bukan hanya sebagai kebutuhan saja . tetapi malah sekarang cenderung ke gaya hidup . trend meminum kopi ini akhirnya ditangkap sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis cafe , angkringan dan kaki lima . sehingga para pedagang berlomba-lomba menawarkan atau menyajikan sajian kopi yang enak , mewah dan unik . 

Mungkin anda biasa menikmati kopi disaat anda jenuh atau hanya menikmati begitu saja bersama teman-teman anda . sangat nikmat bukan ? apa lagi jika dinikmati bersama cemilan vaforit anda , tentunya akan lebih terasa nikmat . banyak penyajian kopi yang sangat enak dan nikmat . anda tinggal memilih sajian kopi mana yang akan anda nikmati .

Nah dalam resep kali ini saya akan berbagi beberapa metode seduh dalam penyajian kopi . yang mungkin akan berguna untuk anda saat akan menyajikan kopi yang enak dan segar dirumah . ada beberapa cara penyajian kopi yang mantap yang akan saya bagikan . untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel cara penyajian dibawah ini .

Resep Cara Membuat Kopi Enak Mantap

Resep Cara Membuat Kopi Enak Mantap

Kopi Tubruk

Cara Penyajian Kopi Tubruk : 

ini adalah salah satu metode yang paling populer di indonesia , caranya juga sangat simple . pertama kopi bubuk kira-kira 10 gram ( 2 sendok makan ) seduh dengan air panas 95 derajat celcius 100 ml . tips dalam pembuatan kopi tubruk adalah masak air sampai mendidih terlebih dahulu , untuk mencapai suhu optimal 95 derajat celcius tunggu hingga busa gelembung air mendidih menghilang . selesai

Kopi Susu ( Cafe au lait )

Cara Penyajian Kopi Susu : 

pertama seduh kopi seperti cara kopi tubruk pada umumnya yaitu saring ampas kopinya dengan saringan , jika anda tidak memiliki alat seduh untuk menghilangkan ampas . selanjutnya jangan lupa anda tambahkan susu kental manis dan krimer . aduk hingga rata , anda dapat menyajikan saat panas atau dingin bersama es batu . selesai

Caffe Latte 

Cara penyajian Caffe Latte : 

dalam kopi ini anda harus memerlukan keahlian barista yang baik . tentunya kita memerlukan espresso  atau alat-alat pembuat espresso manual sperti presso ( kalau dalam resep ini saya menggunakan presso ). caranya adalah buat double shot espresso ( 60 ml espresso ) tentunya anda juga harus membuat busa susu . cara membuat busa susu adalah kocok susu dengan milk frother atau pembuat busa susu . jika busa susu ( milk foam ) sudah siap , tuang espresso perlahan ke dalam busa susu hingga membentuk layer yang bagus . membuat kopi Caffe Latte ini membutuhkan banyak latihan dan tentu saja alat pembuat espresso dan milk frother nya . selesai , sajikan .

Espresso

Cara Penyajian Espresso : 

Espresso adalah merupakan minuman khas italia . espresso berbahan dasar bubuk kopi yang ditekan dengan uap air bertekanan anatara 9 sampai 10 bar dengan waktu ekstraksi kopi 25-30 detik . jadi untuk membuat kopi espresso ini kita harus memiliki mesin espresso . kalau pun memang tidak ada , kita dapat menggunakan presso . banyak pengusaha cafe yang menggunakan alat espresso manual ini, karena harganya yang terjangkau dan tidak di bebani dengan biaya listrik tentunya . cara membuat espresso semndiri menggunakan 14 gram bubuk kop dengan air 30 ml . selesai , sajikan .

Kopi Jos

Cara Penyajian Kopi Jos : 

Dalam pembuatan kopi jos sama seperti pembuatan kopi tubruk . tapi dalam kopi jos ini anda jangan sampai lupa memasukan bara api atau arang ke dalam kopi . tunggu kopi hingga tidak terlalu panas untuk dapat dinikmati . selesai

Vietnamese Cofee ( kopi ala vietnam )

Cara Penyajian Vietnamese Cofee : 

Ini adalah kopi khas vietnam . kopi vietnam yang biasanya memakai biji kopi robusta , pahit memang dan sangat kental . untuk mendapatkan kopi yang nikmat , bisanya mereka meamakai alat yaitu vietnam drip . harga alat ini cukup terjangkau , karena kita hanya mengeluarkan uang sekitar 70 ribu rupiah saja . caranya adalah bubuk kopi diletakan diatas vietnam drip , tuangkan air lalu tunggu hingga air menetes kebawah gelas . proses ini anda harus bersabar sampai gelas terisi kopi penuh . dapat juga ditambahkan dengan susu kental manis . rasanya benar-benar sensasi kopi susu ala vietnam enak dan mantap . sangat berbeda dengan kopi susu biasanya .

Turkish Cofee ( kopi turki )

Cara Penyajian Turkish Cofee : 

Ini adalah kopi khas turki , cara pembuatannya cukup mudah . pembuatan kopi ala turki ini kita memerlukan alat yang sering disebut ibrik . ibrik adalah semacam wadah dari kuningan . bubuk kopi harus sangat halus , masukan bubuk kopi ke ibrik lalu panggang diatas api atau kompor . tuangkan air masukan dalam kopi rempah-rempah seperti kayu manis . tunggu hingga kopi panas dan secangkir Turkish Cofee ini pun siap anda nikmati .

Nah inilah kumpulan cara membuat kopi yang enak . semoga saja artikel Resep Cara Membuat Kopi Enak Mantap ini berguna untuk anda pecinta kopi . silahkan berkreasi dengan menu kopi yang ada di resep ini . buka juga info Resep Aneka MInuman Ala Cafe Segar yang jangan sampai anda lewatkan untuk mencoba membuatnya dirumah .

0 Response to "Resep Cara Membuat Kopi Enak Mantap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel