Resep Tekwan, Kuliner Khas Palembang

Resep Tekwan -Kuiner khas dari daerah Palembang yang nikmat dan segar. Selain pempek juga ada teman kuliner enak lainnya yaitu tekwan. Secara kasap mata jika dilihat, makanan tekwan hampir mirip bakso bening, namun setelah dicoba tentunya rasanya berbeda.

Rasa tekwan sangat segar dan enak. Aroma rempah yang ada dikuah dan rasa ikan tengirinya sangat menggugah selera. Biasanya yang suka rasa pedas, pasti menambah sambelnya cukup banyak dan itu membuat tekwan semakin enak buat para pecinta hot. 

Biasanya tekwan dijadikan sebagai jajanan bukan sebagai makanan pokok. Meskipun terlihat seperti makanan berat, namun sebenarnya kurang mengenyangkan apalagi kalau makannya cuma sedikit hehe. Saya pribadi adalah pecinta jajanan asli palembang, sehingga cari tahu rahasia-rahasia resepnya agar tahu bagaimana membuat jajanan seenak itu.

Cara membuat tekwan sangat mudah meskipun bahannya macem-macem. Variasi bahan bisa kita sesuaikan dengan selera kita. penyajian tekwan juga cukup praktis, jika anda sudah pernah membuat soto atau bakso pasti sudah tidak merasa repot lagi dalam menyajikan segala jenis makanan.

Tekwan juga sangat cocok dijadikan menu jajanan dalam acara hajatan besar seperti khitanan, nikahan, dll. Dapat juga anda jadikan sajian istimewa untuk acara arisan-arisan atau hanya sebagai sajian istimewa di ahir pekan bersama keluarga dirumah.

Berikut ini kami akan menyajikan bahan dan cara membuat tekwan khas palembang yang enak dan nikmat serta segar gurih. Silahkan stay tune terus di mediaresepku.blogspot.com kesayangan anda. Berikut Resep Tekwan yang sederhana dan mudah dibuat.

resep tekwan
Resep Tekwan

Bahan Tekwan :

  1. 5 butir kemiri
  2. 8 siung bawang merah
  3. 4 siung bawang putih
  4. bengkuang secukupnya (dipotong sedang, memanjang kaya kentang goreng)
  5. jamur kuping (direndam terlebih dahulu dg air panas)
  6. bumbu sedap malam
  7. kaldu udang
  8. bakso ikan tenggiri
  9. bihun (atau soun)

Bumbu Tekwan :

  1. lada putih, garam, dan gula secukupnya

Bahan Bakso Ikan (Tekwan) :

  1. 250 g fillet ikan tenggiri, haluskan
  2. 2 putih telur ayam
  3. 1 sdm garam
  4. 200 g tepung sagu, ayak

Cara Membuat Tekwan :

  1. Bakso Ikan : Campur ikan, putih telur, dan garam, uleni hingga licin. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil uleni hingga kalis. Didihkan air. Ambil 1 sdm adonan, bulatkan dengan bantuan dua buah sendok teh. Masak hingga adonan matang dan terapung. Angkat. Tiriskan. 
  2. Tekwan Bakso : kemiri + bawang putih + bawang merah dicincang halus, atau di blender, lalu di tumis sampe wangi. Tumisan tadi dimasukkan ke dalam rebusan kaldu, masukkan juga: sedap malam, jamur kuping yg sdh direndam, lada putih, gula pasir secukupnya (pengganti penyedap), garam, bakso ikan
  3. Sediakan mangkuk cantik, masukkan bihun yang sudah matang kemudian tuangkan tekwan bakso beserta kuah dan seluruh isinya. Sajikan dengan sambal, saus dan kecap sesuai selera anda.
        Anda juga dapat menambahkan taburan ikan asin yang dicincang halus diatasnya. Nikmati selagi hangat pasti akan sangat nikmat. Demikian Cara Membuat dan Resep Tekwan jajanan khas Palembang yang gurih dan segar. Sebelumnya kami telah berbagi Resep Tempe Bacem salah satu kuliner khas Yogyakarta rasanya manis gurih dan empuk. Silahkan mencobanya di dapur kesayangan anda. Simak terus sajian lengkap kami. Semoga bermanfaat

        0 Response to "Resep Tekwan, Kuliner Khas Palembang "

        Post a Comment

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel