Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng

Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng - hai , selamat siang bun , ketemu lagi dengan harianresep.blogspot yah . tentunya kalian sudah tak sabar menunggu postingan resep terbaru dari kami bukan ? nah kali ini kami akan coba bagikan salah satu resep kue basah khas jawa . yaitu Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng yang enak dan gurih .

Untuk anda yang asli warga jawa khususnya jawa tengah dan sekitarnya tentunya anda sudah tak asing lagi dengan kue basah ini bukan ? kue basah yang terbuat dari sagu mutiara yang dicampur dengan aneka bahan-bahan tambahan seperti parutan kelapa muda , gula pasir , garam dan bahan lainnya ini memang sangat populer sekali disana . memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pepes , awug-awug sagu merupakan kue tradisional yang memiliki rasa enak , manis dan gurih .

Jika kita mendengar namanya , awug-awug sagu memang terdengar aneh dan unik yah . sebenarnya awug-awug itu sama saja dengan kata orak-arik . jadi bisa diartikan bahwa awug-awug sagu itu kue basah yang bahan-bahannya diawug-awug atau diorak-arik hingga semua bahan tercampur dengan rata . setelah itu baru deh dibungkus dengan daun pisang seperti pepes lalu di kukus hingga matang .

Jika kita melihat proses dalam pembuatan awug-awug sagu ini memang terbilang cukup mudah dan tidak sulit . namun soal rasa jangan ditanya deh , pasti enak donk . makanya awug-awug sagu khas jateng ini masih tetep axiz hingga sekarang . yah , walaupun awug-awug sagu saat ini jarang tersedia di pasar taradisional . namun awug-awug sagu sering disajikan di acara-acara tertentu .

Seperti untuk hidangan arisan , khajatan , syukuran , acara adat dan lain sebagainya . pada saat acara khajatan awug-awug sagu kelapa biasanya disajikan sebagai salah satu hidangan untuk menyambut tamu . penasaran ? dan ingin sekali membuatnya dirumah namun tak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya ? jika begitu silahkan simak atau praktek langsung dengan Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng nya dibawah ini .

Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng

Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng

Bahan-bahan Awug-awug Sagu :

  • Sagu mutiara 400 gram
  • Kelapa muda 500 gram ( diparut kasar )
  • Gula pasir 200 gram 
  • Garam 1 sendok teh
  • Vanili 1 sendok teh
  • Daun pisang secukupnya
  • Air 3 liter

Cara Membuat Awug-awug Sagu :

  1. Pertama-tama rebus air hingga mendidih , kemudian masukkan sagu mutiara . masak hingga matang , angkat lalu tiriskan . taruh didalam wadah , lalu siram dengan menggunakan air es agar sagu tidak lengket .
  2. Selanjutnya siapkan wadah lalu campurkan semua bahan yang sudah disebutkan diatas , aduk hingga rata .
  3. Setelah itu siapkan selembar daun pisang , lalu ambil sekitar dua sendok makan adonan lalu bentuk segi tiga dan semat daun pisangnya dengan lidi . terus lakukan hingga semua adonan habis .
  4. Setelah semua adonan selesai dibungkus , kukus dalam dandang kurang lebih selama setengah jam Atau hingga matang . angkat .
  5. Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng siap untuk dihidangkan .

Selesai , taraaaa awug-awug sagu nya sudah jadi deh . anda tak perlu harus ke daerah jawa tengah hanya untuk menikmati awug-awug sagu ini . karena dengan mengikuti resep awug-awug sagu yang kami bagikan kali ini anda sudah dapat membuatnya sendiri dirumah . yasudah , selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng ini yah .

Jangan lupa buka juga artikel resep lainnya seperti Resep Membuat Kue Kering Kembang Goyang Gurih yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . oh iya , jika anda menyukai artikel Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng ini jangan lupa di share ke media sosial anda yah . seperti facebook , twitter atau google plus anda agar semakin memudahkan kami dalam berbagi aneka resep lainnya . sekian , seeyou :)

0 Response to "Resep Membuat Awug-awug Sagu Khas Jateng"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel