Resep Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau

Resep Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau - Bagi anda penggemar masakan padang , tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini bukan ? rasa enak dan nikmat pedas khas sambal lado hijau memang begitu sangat menggoda . sehingga banyak sekali masyarakat indonesia yang menyukai dendeng batakok asli sambal lado hijau . bahkan untuk warga asli minang , dendeng batakok asli sambal lado hijau ini merupakan makanan yang wajib ada disetiap acara-acara tertentu .

Seperti acara keluarga , arisan , acara adat , khajatan dan lain sebagainya . sebenarnya ada beberapa jenis dendeng dari sumatra barat , diantaranya yaitu dendeng balado dan dendeng batakok . kedua dendeng ini memang sudah begitu terkenal diwarung makan padang ataupun warung makan khas padang . namun akhir-akhir ini untuk dendeng batakok hanya beberapa warung padang saja yang menyajikannya . mungkin karena sudah hadirnya dendeng balado , sehingga tidak menyajikan dendeng batakok .

Mungkin untuk anda yang bukan asli warga minang anda sedikit bingung akan nama dendeng batakok . batakok dalam bahasa padang berarti dipukul-pukul , jadi nama dendeng batakok itu adalah dari proses pengolahan daging yang dipukul-pukul . walaupun dalam proses pengolahannya dendeng batakok ini tidak dibakar namun tekstur daging dendeng batakok sangat lunak . perpaduan daging dengan rasa gurih , asam dan pedas khas sambal asli lado hijau yang menyengat dari cabai hijau memang nikmat sekali .

Sangat pas dan cocok sekali dengan lidah indonesia yang sangat suka dengan rasa pedas , gurih dengan bumbu rempah alami khas indonesia . dendeng batakok asli sambal lado hijau akan terasa nikmat sekali jika dinikmati dengan nasi putih yang hangat . so , untuk anda yang suka sekali menikmati dendeng asli sambal lado hijau di rumah makan padang , tidak ada salahnya jika kali ini anda membuat dendeng asli sambal lado hijau ini dirumah . dengan membuatnya sendiri langsung dari dapur anda selain anda bisa berhemat masakan dendeng batakok anda pun lebih terjaga akan kebersihannya .

Untuk anda yang belum pernah membuat dendeng batakok asli sambal lado hijau tentunya anda akan kesulitan dalam membuatnya ya . maka dari itu kami akan membahas habis tentang dendeng batakok khas masakan padang ini untuk anda . dari bahan-bahan yang digunakan beserta dengan cara membuatnya dengan mudah . yasudah , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya dengan benar silahkan simak artikel resepnya dibawah ini . 

Resep Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau

Resep Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau

Bahan-bahan Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau :

  • Daging sapi 300 gram ( cuci bersih )
  • Air kelapa 600 mili liter
  • Ketumbar 1/2 sendok makan
  • Bawang putih 3 siung
  • Jahe 1 ruas
  • Cabai merah besar 7 buah
  • Cabai rawit hijau 15 biji
  • Tomat hijau 1 buah
  • Bawang merah 5 siung
  • Air kaldu rebusan daging 100 mili liter
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Maragrin 2 sendok makan
  • Garam Secukupnya 

Cara Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau :

  1. Pertama-tama haluskan bumbu terlebih dahulu seperti ketumbar , jahe , bawang putih dan 1 sendok teh garam . kemudian lumurkan pada daging yang sudah di cuci bersih bersih tadi hingga rata . Lalu diamkan selama 15 menit .
  2. Sementara sambil menunggu bumbu meresap , anda dapat merebus air kelapa dalam panci hingga mendidih . lalu masukkan daging yang sudah dilumuri dengan bumbu . masak hingga daging menjadi empuk ( kurang lebih selama 45 menit ) biarkan airnya menyusut .
  3. Sambil menunggu dagingnya matang , tumbuk kasar bahan-bahan seperti cabai hijau , cabai rawit hijau dan bawang merah . sisihkan .
  4. Setelah daging sudah matang angkat dagingnya lalu sisihkan rebusan air kaldu bekas merebus daging sebanyak 100 mili liter yang nantinya akan digunakan sebagai sambal dendengnya . lalu iris-iris daging dengan ketebalan 1 centi meter . gunakan cobek dan ulegan untuk memukul-mukul daging sehingga menjadi tipis melebar . Lakukan hingga daging habis .
  5. Setelah itu panggang selama 20 menit dan tiap 10 menit balikkan dagingnya .
  6. Untuk sambalnya panaskan wajan , beri margarin lalu tumis bumbu yang ditumbuk kasar tadi hingga wangi . lalu beri air kaldu daging , didihkan . beri irisan tomat dan air jeruk nipis . beri garam secukupnya . masak sebentar , cicipi , jika ada yang kurang silahkan tambahkan bumbu sesuai selera . angkat . kemudian siram saus diatas daging dendengnya .
  7. Resep Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau siap untuk dihidangkan .

Selesai , dalam membuat dendeng batakok sebenarnya lebih bagus jika dibakar diatas bara sabut kelapa , namun bisa juga dengan digoreng atau dipanggang seperti pada resep ini . lalu saat membuat sambal ladonya sebenarnya lebih enak jika sambal ladonya dimasak setengah matang , namun jika anda tidak suka setengah matang anda dapat menumisnya hingga matang seperti pada resep dendeng batakok yang kami sajikan . perasaan jeruk nipis pada resep dendeng batakok akan menambah nikmat tersendiri . enak , pedas , dan asam yang sedap nikmat menggoda . 

So selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau ini dirumah . jangan lewatkan juga resep masakan lainnya yang tak kalah nikmatnya seperti Resep Membuat Acar Mentimun Wortel Super Segar yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . Terimakasih sudah membuka mediaresepku.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau ini , silahkan anda share kemedia sosial anda seperti facebook , twitter , atau gooegle plus anda agar lebih memudahkan kami dalam berbagi resep lainnya yang akan memudahkan anda dalam membuat aneka masakan yang istimewa . sekian ,seeyou :)

0 Response to "Resep Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel