Resep Membuat Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips

Resep Membuat Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips - Untuk anda yang punya khajat atau ingin syukuran dengan membuat nasi tumpeng namun tidak tahu bahan-bahan yang digunakan beserta dengan caranya . silahkan anda simak artikel resep nasi tumpeng putih yang harianresep.com bagikan kali ini . karena kami akan membahas tuntas tentang nasi tumpeng dari bahan-bahan yang digunakan , cara membuat dan tips dalam membuat nasi tumpeng . yang tentunya akan memudahkan anda dalam membuat nasi tumpeng sendiri dirumah .

Nasi tumpeng putih biasanya terkenal dengan nasi uduk . namun bedanya disini nasi tumpeng dibuat menjadi bentuk seperti kerucut . dalam membentuk tumpeng seperti kerucut juga tentunya tidak bisa main-main dalam membuatnya . karena ada trik-trik khusus didalamnya agar nasi tumpeng anda enak dan dapat berbentuk kerucut sempurna . jika anda memang belum pernah membuat nasi tumpeng dan kesulitan dalam membuatnya simak baik-baik resep nasi tumpeng ini yah .

Nasi tumpeng merupakan simbol rasa syukur kita kepada Allah SWT yang dilakukan oleh masyarakat luas dengan cara berbagi sedekah makanan . biasanya nasi tumpeng di buat untuk syukuran orang yang punya khajat , acara adat , acara ulang tahun , acara akikah dan lain sebagainya . untuk anda yang tinggal diperdesaan tentunya sudah tidak asing akan adat membagikan nasi tumpeng kepada tetangga ketika anda punya khajat atau menunjukan rasa syukur dengan membagikan makanan bukan ?

Biasanya nasi tumpeng sendiri dibagikan bukan hanya nasi uduk saja . namun banyak lauk lainnya yang menemani nasi tumpeng agar lebih enak dan makyus . seperti kering tempe , tempe bacem , urab sayuran , telur rebus utuh , mie goreng atau bihun goreng dan lain sebagainya . dan biasanya nasi tumpeng dibagikan setelah selesai berdoa bersama-sama atas khajat yang diinginkan ataupun ucapan rasa syukur .

Nasi tumpeng juga sebenarnya ada dua jenisnya yaitu nasi tumpeng putih dan nasi tumpeng kuning . jika nasi tumpeng kuning biasanya masyarakat menggunakan nasi kuning yang dibentuk seperti kerucut . semua sesuai selera saja , semua sama-sama enak dan lezat kok . yasudah , ngga mau panjang lebar lagi yah , untuk anda yang penasaran dengan bahan-bahan , cara membuat dan tips dalam membuat nasi tumpeng putih nya silahkan simak artikel Resep Membuat Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips nya dibawah ini .

Resep Membuat Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips

Resep Membuat Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips

Bahan-bahan Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips :

  • Beras ketan 100 gram ( rendam 1 jam ) tiriskan 
  • Beras pulen 750 gram ( dicuci bersih , ditiriskan )
  • Santan 750 mili liter ( dari 1 butir kelapa )
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai 2 batang ( dimemarkan )
  • Daun pandan 2 lembar ( disobek-sobek )
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Air Jeruk nipis ( dari 1 butir jeruk nipis )

Cara Membuat Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips :

  1. Pertama-tama campur beras ketan dan beras biasa , kukus hingga setengah matang ( kurang lebih selama 15 menit ) , kemudian masukkan kedalam panci . sisihkan .
  2. Setelah itu masak santan bersama daun salam , serai , daun pandan , dan garam hingga mendidih . saring , sisihkan .
  3. Selanjutnya jerang panci beras diatas api , tuang santan sambil diaduk-aduk agar santan terserap oleh beras ( menjadi aron ) , angkat . lalu pindahkan nasi aron ke dalam dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya , kukus hingga matang ( kurang lebih selama 30 menit ) , angkat .
  4. Kemduian lapisi cetakan tumpeng dengan daun pisang atau plastik . masukkan nasi kedalam cetakan tumpeng selagi panas . tekan-tekan hingga padat . lalu balikkan segara dan lepaskan dari cetakannya .
  5. Selesai , anda dapat hias nasi tumpeng putih sesuai selera .

Tips Nasi Tumpeng Putih :

  • Pertama agar nasi tumpeng padat , jangan masukkan nasi sekaligus kedalam cetakan . setiap kali masukkan sebagian dan tekan-tekan hingga padat terlebih dahulu .
  • Setelah itu bila belum hendak disajikan , tutup tumpeng dengan daun pisang atau plastik lengket agar permukaan nasi tumpeng tidak kering .

Tips Membuat Nasi Tumpeng Putih : 

  • Pertama campurkan jeruk nipis kedalam nasi aron , baru dikukus . bertujuan agar nasi tumpeng lebih terasa gurih , baunya wangi dan tidak cepat basi . kemudian didihkan dahulu santan yang digunakan untuk mengaron beras bersama daun pandan , serai , daun jeruk dan daun salam .
  • Selanjutnya agar nasi tumpeng tidak mudah pecah dan berantakan , campurkan sedikit beras ketan ke dalam nasi aron . cetak nasi selagi masih panas , lalu tekan-tekan sambil dipadatkan . dan tutup tumpeng dengan daun pisang atau plastik lengket sampai saat mau dimakan , agar tumpeng tidak kering .
  • Kemudian agar penampilan nasi tumpeng cantik dan proposional , perhatikan perbandingan ukuran tinggi tumpeng dengan wadahnya . sebaiknya tinggi tumpeng tidak melebihi 2/3 ukuran diameter alas atau wadahnya .

Tips Dalam Menghias Nasi Tumpeng :

  • Ada beberapa tips praktis agar hidangan nasi tumpeng anda dapat memiliki tampilan yang semarak dan memikat , diantara lainnya adalah :
  • Beri Hiasan : anda dapat menggunakan wadah besar untuk nasi tumpeng . lalu alasi dengan daun agar nasi tumpeng terlihat impresif . beri hiasan atau garnis dari buah atau sayuran yang tidak cepat layu seperti mentimun , cabai , tomat , wortel , daun selada , peterseli , daun bawang dan lain sebagainya . bentuk hiasan atau ukiran buah dan sayur biasa saja jangan terlalu rumit sehingga dapat menonjolkan nasi tumpengnya . lalu nasinya , hiasi dengan taburan bawang goreng , cabai atau peterseli agar tidak terlihat terlalu polos .
  • Gunakan Benda-benda Khas : benda-benda atau perabot yang khas sesuai dengan tema acara dapat menggugah suasana . misalnya hiasan dari telur untuk acara paskah , pita dan lilin untuk acara ulang tahun . kain songket atau tenun untuk acara yang berbau tradisi melayu , piring dan peralatan makan khas dari daerah-daerah tertentu dan sebagainya .
  • Manfaat Warna : Warna yang khas dari nasi tumpeng juga dapat menyemarakan pesta atau syukuran anda . pilih warba hijau dan merah untuk natal . kuning dan warna cerah untuk paskah , hijau atau putih untuk maulud dan lain sebagainya .

Dalam Resep ini kami sudah membahas secara lengkap dari bahan-bahan , cara membuat dan tips dari nasi tupeng , tips dalam membuat , dan tips dalam menghias yang bertujuan agar memudahkan anda dalam membuatnya dirumah . jadi anda sekarang tidak perlu khawatir lagi jika anda akan kesusahan dalam membuat nasi tumpeng putih donk ? resep nasi tumpeng putih ini dibuat sekitar enam puluh menit yang disajikan untuk 8 porsi atau orang . jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan anda tambahkan bahan-bahan yang digunakan sesuai dengan takaran .

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips ini dirumah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Dendeng Batakok Asli Sambal Lado Hijau yang akan sayang sekali jika anda lewatkan . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips silahkan anda share ke media sosial anda seperti facebook , twitter atau gooegle plus anda , agar lebih memudahkan kami dalam berbagi resep-resep yang menarik lainnya . sekian , seeyou :)

0 Response to "Resep Membuat Nasi Tumpeng Putih Lengkap Dengan Tips"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel