Resep Membuat Kulit Lumpia Sendiri Mudah

Resep Membuat Kulit Lumpia Sendiri Mudah - Karena banyak permintaan dari teman-teman soal pembuatan kulit lumpia homemade . maka dari itu kali ini mediaresepku.blogspot.com akan membagikan resep dan cara membuat kulit lumpia secara mudah sendiri dirumah . sudah kita ketahui sebelumnya jika kulit lumpia itu merupakan bahan pembungkus dari berbagai macam jenis makanan . dari goreng-gorengan seperti martabak telur , lumpia goreng , piscok , dan lain sebagainya .

Selain terkenal dengan lumpia goreng , kulit lumpia juga sering digunakan di berbagai makanan basah seperti lumpia basah . kulit lumpia memang sering di jajakan oleh para pedagang di pasar tradisional ataupun di jual di supermarket . namun terkadang kulit lumpia yang dijual pasaran bentuknya sangat tipis dan tidak teratur sehingga sering robek pada saat di goreng . hal ini akan mengurangi keindahan bentuk sang lumpia goreng .

Mungkin teman-teman merasa gemes atau dirasa kurang makyus sehingga meminta kami untuk memosting cara membuat kulit lumpia . oke , kulit lumpia pada dasarnya sangat mudah sekali untuk dibuat . bahan-bahan yang dibutuhkan juga terjangkau dan tidak sulit di cari . kita hanya memerlukan bahan-bahan seperti tepung , air , garam , telur dan aneka bahan lainnya dalam membuatnya .

Semua bahan tersebut nantinya akan di campurkan menjadi satu lalu di uleni hingga semua bahan tercampur dengan rata sempurna . selain pengulenan , kita juga akan membantu anda dalam setiap prosesnya agar mengahasilkan kulit lumpia yang tipis teratur , mulus , garing , gurih dan renyah . dalam membuatnya tentu saja kita akan menggunakan wajan anti lenget atau teflon . jadi jangan sampai lupa menyiapkan wajan anti lengket dalam membuatnya ya .

Untuk kulit lumpia dalam membuatnya ada dua cara , yaitu jika anda suka kulit lumpia yang tipis anda cukup mengoleskan adonan dengan kuas sekali saja pada wajan anti lengket . namun jika anda ingin mendapatkan kulit lumpia yang tebal anda dapat oleskan adonan dengan kuas berkali-kali . untuk hasil yang tipis akan liat setelah dingin , sedangkan kulit lumpia yang tebal akan lebih bertahan lama kerenyahannya . Penasaran ingin segara membuatnya ? yuckkk segera praktekkan resep dan cara membuat kulit lumpianya seperti dibawah ini :D

Resep Membuat Kulit Lumpia Sendiri Mudah

Resep Membuat Kulit Lumpia Sendiri Mudah

Bahan-bahan Kulit Lumpia :

  • Tepung terigu cakra kembar 200 gram
  • Garam 1 sendok teh
  • Putih telur ayam 150 mili liter
  • Air 200 mili liter
  • Minyak sayur 2 sendok makan ( digunakan untuk olesan )

Cara Membuat Kulit Lumpia :

  1. Pertama campurkan tepung terigu dengan garam hingga rata . lalu masukkan putih telur , aduk-aduk dengan tangan hingga rata lalu tuangi sebagian air secara bertahab sambil di uleni terus dan gunakan telapak tangan untuk mengangkat atau membanting adonan . kemudian tuangi sisa air lalu uleni lagi selama 15 menit lalu diamkan hingga 40 menit .
  2. Selanjutnya panaskan wajan anti lenglet di atas api kecil , olesi dengan sedikit minyak . lalu celupkan kuas kue yang lebar dalam adonan lalu oleskan adonan pada wajan dengan rata .
  3. Terus panaskan hingga bagian pinggir adonan mengelupas lalu angkat dan lakukan hingga adonan habis . lapisi tiap lembar adonan dengan sepotong daun pisang agar tidak lengket . selesai .

Tips dan cara Menyiasati jika anda menemukan kulit lumpia yang terlepas saat proses dimasak :
Pertama gunakan telur , campur telur dengan 1 sendok makan air lalu kocok hingga rata . oleskan pada kulit lumpia dengan menggunakan kuas kue terutama pada sepanjang bagian luar kulit yang akan di rekatkan lalu tekan secara perlahan .
Selanjutnya diamkan hingga 15 menit agar lem putih telur merekat lebih kuat . saat menggoreng , cukup sekali saja membalik kulit lumpianya . jika  bagian bawah sudah menguning lalu balikkan .

Resep ini dibuat untuk 32 buah kulit lumpia . untuk menghasilkan kulit lumpia yang lebih putih , anda dapat mengoleskan minyak pada wajan saat pertama kali akan digunakan . caranya dengan mengoleskan gumpalan kain pada minyak lalu lapkan pada permukaan wajan . jika anda melakukan hal ini kulit lumpia memang akan lebih sulit mengelupas tetapi dapat menghasilkan kulit lumpia yang lebih renyah . selain itu anda juga dapat menggunakan telur bebek untuk hasil yang lebih baik , jangan lupa buang bagian mata yanga ada di kuning telur agar tidak anyir .

Kulit lumpia sebaiknya ditaruh di atas daun pisang dan selalu ditutupi daun pisang . bila akan disimpan dalam jangka waktu yang lama , bungkus kulit lumpia yang sudah dibungkus daun ke dalam kantung plastik . lalu simpan dalam lemari pendingin dan saat akan digunakan sebaiknya suhu kulit lumpia disamakan terlebih dahulu dengan suhu ruang . nah itulah bahan-bahan dan cara membuat kulit lumpia nya , cukup mudah bukan ?

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kulit Lumpia Sendiri Mudah ini dirumah . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Kue Bika Singkong Keju Istimewa . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . jika anda menyukai artikel Resep Membuat Kulit Lumpia Sendiri Mudah ini jangan lupa like atau share ke media sosial anda yah . agar lebih memudahkan kami dalam berbagi resep lainnya . sekian , seeyou :)

0 Response to "Resep Membuat Kulit Lumpia Sendiri Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel