Cara Menghilangkan Bau Bawang

Tergantung pada varietasnya, bawang dapat menjadi tajam, pedas, tajam, pedas, ringan atau manis. Mereka umumnya digunakan sebagai dasar untuk kari, atau dibuat menjadi pasta dan dimakan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk. Sayangnya, setelah memotong bawang bombai, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda masih memiliki aroma itu di tangan Anda selama berjam-jam sesudahnya. Sama lezatnya bawang, berjalan-jalan berbau seperti itu adalah cerita lain.


Bau bawang meresap dan menjengkelkan lama setelah makanan lezat selesai. Itu menempel pada jari dan daerah kuku dengan keganasan. Itu bahkan memengaruhi napas Anda! Memang, bawang memiliki bau yang sangat kuat, karena minyak bawang mengandung asam 1-propenyl sulfenic, yang dianggap sebagai lakrimator dalam bawang. Lacrimator adalah sesuatu yang membuat mata Anda berair dan memberikan aroma khas pada bawang.

Anehnya, bahan kimia tajam dan menyengat ini juga menjadi penyebab banyak rasa bawang, serta aroma yang memuaskan saat Anda menggoreng sayuran. Anda juga akan mendapatkan asam sulfenat dengan memotong bawang putih, daun bawang dan daun bawang, tetapi mereka tidak membentuk gas yang mengiritasi yang sama, hanya aroma yang kuat.

Siapa yang punya obatnya? Haruskah jari-jari berbau seperti bawang setelah dipotong? Haruskah nafas berbau begitu kuat setelah makan sayur berbau busuk ini? Artikel ini mungkin memiliki semua jawaban yang Anda cari.

Penghapusan Bau Bawang

* Memakai sarung tangan. Itu akan menjaga aroma bawang dari tangan Anda.

* Mengupas bawang kemudian mendinginkannya di lemari es sebelum Anda mengiris akan meminimalkan pelepasan gas, karena perubahan suhu mengubah senyawa dalam bawang. Memasak bawang sebelum Anda mengirisnya juga akan berhasil karena alasan yang sama. Solusi mudah lainnya adalah memotong bawang di bawah air atau menabrak keran saat Anda mengiris.

* Gosok tangan Anda terhadap logam stainless steel (wastafel dapur berfungsi baik) di bawah air mengalir dingin selama sekitar satu menit; menggosok dengan sendok logam besar juga berhasil. Dimungkinkan juga untuk membeli "sabun" stainless steel berbentuk sayur atau oval yang dapat disimpan secara permanen di wastafel dapur Anda. Mereka tidak membutuhkan banyak biaya dan mereka benar-benar bekerja. Lihat di bagian perlengkapan dapur toko lokal.

Ilmu di balik fenomena ini terletak pada teori bahwa bau belerang dari bawang akan tertarik dan terikat dengan satu atau lebih logam dalam baja tahan karat. Bagaimanapun, pembentukan senyawa-senyawa semacam itulah yang membuat stainless steel stainless.

Bawang dan bawang putih mengandung asam amino sulfoksida, yang membentuk asam sulfenat, yang kemudian membentuk gas yang mudah menguap (propanethiol S-oksida), yang membentuk asam sulfat setelah terpapar air. Senyawa belerang ini bertanggung jawab atas bawang yang membakar mata Anda saat memotongnya dan juga untuk aroma khas bawang putih.

* Jika Anda tidak memiliki baja, Anda dapat membuat pasta soda kue, (soda bikarbonat) dan air dan gosokkan ke tangan Anda, lalu cuci bersih. Bau akan hilang dengan soda.

* Peras pasta gigi atau tuangkan sedikit obat kumur pada satu telapak tangan, lalu gosok kedua tangan Anda. Bilas dengan air.

* Peras jus lemon ke dalam mangkuk. Celupkan tangan Anda selama 3 menit, lalu bilas. Tangan Anda akan berbau seperti lemon segar, bukan bawang!

Produk ini cukup lembut untuk sering digunakan dan tidak akan mengeringkan tangan Anda. Cukup pompa busa ke tangan yang kering, gosok dengan cepat - termasuk di bawah kuku Anda - sampai busa hilang, dan kemudian bilas. Ulangi jika perlu.

* Pastikan untuk menggunakan air dingin untuk sebagian besar pembilasan Anda; ketika Anda mencuci tangan dengan air hangat, itu akan membuka pori-pori di tangan Anda dan menjebak bau bawang.

* Gunakan air hangat hanya saat mencuci dengan garam dapur, jus tomat atau bahan pembersih serupa, karena larut lebih cepat dalam cairan panas dan singkirkan bau dari pori-pori Anda.

* Anda juga bisa meletakkan satu sendok makan garam meja sehari-hari di telapak tangan Anda. Cuci tangan Anda dengan kuat di bawah air hangat. Bilas dan keringkan.

* Celupkan tangan Anda ke dalam jus tomat selama setidaknya lima menit. Kemudian bilas dengan deterjen cair dalam air hangat. Pastikan jus tomat yang akan Anda gunakan untuk menghilangkan bau bawang belum mencapai tanggal kedaluwarsa sebelum Anda memasukkannya ke dalamnya. Jus tomat kalengan atau dingin akan bekerja untuk solusi ini.

Penghapusan Nafas Bawang

* Nafas bawang yang diinduksi bakteri dapat dikurangi dengan metode kebersihan mulut yang biasa. Obat halitosis standar termasuk penggunaan obat kumur secara teratur, menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang, dan mengikis lidah.

* Ada juga obat bau mulut komersial yang tersedia yang lebih kuat daripada obat kumur yang biasa Anda dapat beli di supermarket. Ini tersedia dari dokter Anda, apoteker Anda atau Internet.

* Metode lain untuk mengurangi napas bawang adalah makan peterseli dengan makanan Anda. Ini tampaknya menangkal masalah sampai batas tertentu (sama dengan sepupu bawang jauh lebih kuat, bawang putih), meskipun tidak mencegahnya sepenuhnya.

* Beberapa orang juga mengklaim bahwa mengunyah biji kapulaga memiliki efek yang mirip dengan peterseli dan dapat bekerja sebagai obat napas bawang. Kapulaga memiliki rasa yang sangat kuat, jadi ini mungkin bukan pilihan bagi sebagian orang.

Mengapa Bau Bawang Membuat Orang Menangis?

Seperti yang diketahui oleh setiap koki, memasak bawang menghasilkan aroma yang sangat kuat yang dinikmati kebanyakan orang, tetapi memotong bawang akan menyengat mata Anda dan membuat Anda menangis tak terkendali. Jika Anda suka memasukkan bawang ke dalam piring Anda, Anda mungkin sering frustrasi dengan ini. Jadi, apa yang ada dalam bawang yang membuat mereka susah dipersiapkan?

Anehnya, senyawa volatil yang membuat Anda menangis juga bertanggung jawab atas rasa bawang yang luar biasa. Ketika Anda mengiris bawang, Anda membuka sejumlah sel bawang. Beberapa dari sel-sel ini memiliki enzim di dalamnya, dan ketika mereka diiris terbuka, enzim tersebut akan lepas. Enzim kemudian membusuk beberapa zat lain yang telah lolos dari sel yang diiris. Beberapa zat ini, seperti asam amino sulfoksida, membentuk asam sulfenat yang kemudian dengan cepat mengatur ulang dirinya menjadi gas yang mudah menguap.

Gas mencapai mata Anda dan bereaksi dengan air yang membuatnya tetap lembab. Ini mengubah bentuk kimia lagi, menghasilkan, antara lain, asam sulfat ringan yang mengiritasi mata. Ujung-ujung saraf di mata Anda sangat sensitif dan karena itu menangkap iritasi ini. Inilah sebabnya mengapa mata Anda menyengat ketika Anda mengiris bawang.

Otak bereaksi dengan memberi tahu saluran air mata Anda untuk menghasilkan lebih banyak air untuk mengencerkan asam yang mengiritasi sehingga mata terlindungi. Reaksi Anda yang lain mungkin untuk menggosok mata Anda, tetapi ini sebenarnya akan membuat iritasi jauh lebih buruk, terutama jika Anda memiliki jus bawang di seluruh tangan Anda.


0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Bawang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel