Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis

Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis - Untuk sobat penggemar masakan yang berbahan dasar ayam, tentunya sobat sudah tidak asing lagi dengan yang nama nya ayam bakar? ayam bakar adalah salah satu masakan yang saya yakin disukai oleh semua kalangan masyarakat luas. dari yang dewasa, remaja dan anak-anak. tentunya mereka tidak akan pernah rela ketinggalan menikmati hidangan yang satu ini.

Memang banyak ayam bakar yang beredar di sekitar rumah sobat , seperti di warung-warung makan , cafe dan ayam bakar sekelas resto . berbeda warung dan pengolahan pasti rasa yang diciptakan pun berbeda-beda, tergantung si bumbu yang dipakai dan cara mengolahnya. resep ayam bakar yang saya bagikan kali ini juga sangat special. karena saya tanyakan langsung ke kerebat saya yang memilki cafe ayam bakar yang sudah cukup terkenal dan sangat banyak memiliki pelanggan di daerah nya.

Jadi sobat tidak usah kawatir akan resep ini, karena resep ayam bakar ini sudah terjamin akan kualitas rasanya. yang pastinya akan membuat sobat dan keluarga sobat ketagihan jika memasak resep ayam bakar ini. dalam mengolah ayam bakar di resep ini juga sedikit berbeda, karena memakai bumbu-bumbu yang super fresh. tidak seperti ayam bakar pada umumnya yang hanya direbus dengan bumbu sampai bumbu asat lalu dibakar.

Memang didalam resep ayam bakar special ini juga mengalami tahapan ayam direbus dengan bumbu terlebih dahulu. tapi didalam resep ayam bakar special ini ayam hanya direbus sebentar saja. kira-kira ayam sudah matang atau ayam berubah warna menjadi kekuningan tanpa harus menunggu sampai air asat dan bumbu menempel bersama ayam. bumbu yang digunakan untuk merebus ayam dalam resep ayam bakar ini juga sangat sederhana.

Hanya membutuhkan satu saset bumbu kuning siap saji atau sobat dapat mengguleknya sendiri dirumah . pasti sobat tahu kan bumbu untuk ayam ? buat sobat yang benar-benar pemula yang sedang belajar masak, nanti saya kasih tahu deh resep bumbu kuning untuk merebus ayamnya . nah untuk mengetahui bahan-bahan dan cara membuat ayam bakar special ini dengan tepat silahkan lihat dibawah ini.

Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis

Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis

Bahan Utama :

  • Satu ekor ayam dipotong menjadi 8 bagian 
  • Mentega

Bumbu Halus Rebusan Ayam bakar :

  • 7 siung bawang putih
  • Ketumbar ( secukupnya )
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 2 sendok teh garam
  • Sedikit bumbu penyedap ( masako rasa sapi )

Bumbu saos Untuk Membakar Ayam :

  • 1 botol kecil saos cabai ABC atau bisa saos cabai apa saja
  • 2 buah bawang putih ( diuleg atau diiris tipis kecil ) campurkan jadi satu , aduk dan siapkan dimangkok .

Bumbu Sambal Kecap Untuk Membakar Ayam :

  • 1 botol kecil Kecap manis bangau atau bisa kecap apa saji
  • 10 buah cabe rawit merah ( diiris kecil )
  • 4 buah awang merah ( diiris tipis )
  • 2 butir Jeruk nipis ( di iris , peraskan airnya ke dalam sambal kecap ) lalu celupkan jeruk nipis nya ke dalam sambal , agar lebih segar dan wangi . campur semua bahan , aduk hingga rata lalu siapkan dimangkok .

Cara Membuat Ayam Bakar Special :

  1. Pertama cuci ayam terlebih dahulu hingga bersih .
  2. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukan ayam yang sudah dicuci bersih dan air secukupnya ( rebus ) , tunggu hingga mendidih atau matang , angkat .
  3. Jika sobat menggunakan bumbu kuning yang instan , caranya masukan air kedalam wajan atau panci rebusan , lalu masukan ayam . tunggu hingga mendidih atau matang , angkat .
  4. Olesi ayam dengan mentega lalu bakar , jika sudah wangi olesi ayam dengan saos bolak balik lalu bakar lagi hingga berubah warna .
  5. Setelah ayam berubah warna olesi ayam dengan sambal kecap bakar lagi , bolak balik trus agar ayam matang merata .
  6. Oleskan beberapa kali saos dan kecap menurut tingkat kepedasan yang sobat inginkan sampai ayam benar-benar matang . 
Selesai , tips agar bumbu bakar meresap , gebrek ayam terlebih dahulu atau peyet sedikit ayam agar bumbu bakar meresap ke dalam ayam . hasilnya bakal T.O.P banget deh , jangan sampai sobat melewatkan resep ayam bakar special ini yah . karena hasilnya uenak banget , berbeda dengan ayam bakar biasanya . jangan samapai nyesel deh karena melewatkan resep ayam bakar special ini yang sangat mudah dibuat dirumah sebagai menu masakan untuk keluarga atau sebagai masakan selingan sehari-hari dirumah sobat .

Jika sobat penyuka pedas , sobat dapat menikmati ayam bakar special ini dengan sambal agar lebih nikmat . tapi untuk sobat yang tidak terlalu suka pedas , resep ayam bakar special ini juga sudah cukup pedas untuk sobat . berbicara soal sambal , kayanya ada yang kurang kalau memakan ayam bakar sama sambal tanpa adanya lalapan ? sobat bisa menambahkan lalapan seperti timun , kol , daun kemangi atau daun selada saat menikmati lezatnya ayam bakar special ini agar lebih segar .

Oke Sobat sepertinya ini saja Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis nya . semoga resep ayam bakar special ini dapat membantu sobat yang sedang ingin memasak ayam bakar sendiri dirumah . oh ia , jika saos dan sambal kecap masih tersisa dan sayang jika sobat buang , sobat bisa membuat tempe dan tahu bakar dengan sisa saos dan sambal kecap tersebut loh . caranya gampang , tinggal goreng tempe dan tahu dengan bumbu air royco lalu bakar seperti cara membakar ayam bakar special . jangan lupa diolesi mentega dulu ya , selamat mencoba .

0 Response to "Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel