Resep Membuat Rujak Buah Serut Segar Lezat

Resep Membuat Rujak Buah Serut Segar Lezat - Lezatnya menikmati aneka buah segar yang dicampur dengan aneka bumbu yang pedas dengan legitnya gula jawa . itulah makanan yang bernama rujak , yang merupakan salah satu salad buah asli Indonesia . memiliki rasa yang asem , pedas , manis dan seger bercampur menjadi satu . membuat rujak buah ini banyak di sukai oleh banyak orang saat siang hari .

Rasanya yang menyegarkan , sering kali menjadi makanan pilihan banyak orang saat cuaca panas dan terik seperti ini . rujak sendiri sebenarnya ada dua versinya . yaitu rujak buah biasa dan rujak buah serut segar seperti pada resep yang akan kami bagikan kali ini . perbedaan kedua rujak ini sebenarnya tak terlalu jauh , sama-sama berbahan dasar buah segar pilihan dengan bumbu pedas yang dikombinasikan gula jawa atau gula merah .

Hanya saja jika rujak buah , buahnya dipotong-potong agak besar lalu di siram dengan bumbu pedas kental di atasnya . sedangkan rujak buah serut , untuk bumbu dia lebih agak encer dan bumbunya di uleg langsung dengan sang buah yang sudah di serut kecil-kecil . sehingga rujak buah yang satu ini sangat terkanal dengan sebutan rujak buah serut .

Rujak buah serut akan semakin nikmat jika dinikmati dengan remukan kerupuk mie atau kerupuk lainnya . rujak buah serut seperti ini biasanya sangat terkenal di daerah jawa . memiliki harga yang cukup terjangkau , karena dengan mengeluarkan uang sekitar limaribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati lezatnya rujak buah serut . untuk harga tergantung dengan isian dan daerah sobat masing-masing . 

Selain di sukai oleh para ibu hamil mudah , sang rujak serut juga selalu menjadi juara dessert yang mudah dan praktis untuk dinikmati . segarkan lidah sobat dengan rujak serut buah setelah makan besar sobat . yah , walaupun menemui rujak buah serut ini sangat mudah namun tak ada salahnya jika kali ini sobat membuatnya sendiri dirumah . dengan membuatnya sendiri , tentu saja lebih terjaga akan kebersihannya bukan ?

So buat sobat yang sedang bingung membuat makanan segar apa di siang hari ini , kita buat sama-sama rujak buah serutnya yuck . cara membuatnya mudah dan praktis loh , yuck cek artikel resep dan cara membuatnya dibawah ini . cekidot :)

Resep Membuat Rujak Buah Serut Segar Lezat

Resep Membuat Rujak Buah Serut Segar Lezat

Bahan-bahan Rujak Buah Serut :

  • Jeruk bali 200 gram ( kupas , lalu suwir-suwir )
  • kedondong 2 buah ( diserut )
  • Pepaya mengkal 100 gram ( di serut )
  • Mentimun 2 buah ( kupas , buang bijinya , lalu serut )
  • Mangga mengkal 1 buah atau 200 gram ( di serut )
  • Bengkuang 100 gram ( di serut ) 

Bahan Bumbu Sambal Rujak Buah Serut :

  • Cabai rawit merah 3 buah
  • Terasi goreng 1/2 sendok teh
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Gula merah 200 gram
  • Kacang tanah kulit goreng 50 gram 
  • Nanas 50 gram ( di serut )
  • Air asam jawa 1 sendok makan ( dari 1 sendok teh asam jawa dan 50 mili liter air )

Cara Membuat Rujak Buah Serut :

  1. Untuk sambal : langkah awal , ulek cabai rawit merah , terasi , garam , dan gula merah . lalu tambahkan kacang tanah , ulek kasar .
  2. Selanjutnya masukkan nanas dan air asam jawa , ulek kembali hingga rata .
  3. Setelah itu masukkan jeruk bali , mangga , mentimun , bengkuang , pepaya mengkal dan buah kedondong ke dalam bumbu sambal . aduk hingga rata .
  4. Resep Membuat Rujak Buah Serut Segar siap untuk dihidangkan .

Agar lebih terasa maknyus , sobat dapat menyimpan rujak buah rerut terlebih dahulu ke dalam lemari es selama 1 jam agar bumbu lebih meresap . namun , jika sobat sudah tak sabar untuk menyantapnya , setelah proses selesai langsung di santap juga tak apa-apa . tetap enak , segar dan pedas gurih asam . jangan lupa , nikmati dengan aneka kerupuk kesukaan agar lebih lezat menggoda . atau bisa juga di sajikan dengan es krim, sehingga disebut dengan rujak es krim, es rujak atau es krim rujak.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep rujak buah serut segar yang kami bagikan kali ini . untuk sobat yang tidak terlalu suka pedas , sobat dapat menggunakan cabai sesuai kepedasan yang sobat inginkan sesuai dengan selera . dan begitupun sebaliknya , jika sobat salah satu orang yang suka pedas , silahkan tambahakn cabai nya sesuai dengan selera . lalu untuk buah , jangan sampai sobat tidak jadi membuat rujak buah serut ini karena terhalang salah satu buah yang tidak tersedia .

Karena untuk buah , sobat juga dapat mengatur buah yang akan di gunakan sesuai dengan selera . silahkan ciptakan kelezatan dan kesegaran rujak buah serut sobat dirumah sesuai dengan selera . terimakasih sobat sudah membuka Resep bumbu , semoga resep-resep yang dibagikan dapat bermanfaat . buka juga artikel resep lainnya Resep Membuat Puding Black Forest Ekonomis Mudah dan Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat yang akan sayang sekali jika sobat lewatkan .

Jika sobat menyukai artikel Resep Membuat Rujak Buah Serut Segar Lezat ini jangan lupa like atau share ke media sosial sobat yah . seperti facebook , twitter atau google plus , agar lebih memudahkan kami dalam berbagi aneka resep lainnya . sekian , seeyou :)

0 Response to "Resep Membuat Rujak Buah Serut Segar Lezat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel