Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat -Yah ngga kerasa udah malam aja ya teman , cuacanya juga lagi hujan begini . tiba-tiba jadi kepengin yang anget-anget berkuah seger gitu kayanya enak . kebetulan ada teman aku Tirza Simanjuntak namanya kirim email ke aku , katanya lagi kangen banget sama soto medan . maklum doi orang medan teman , cuman sekarang dia kerja dan punya suami orang bogor jadi dia sekarang tinggal di bogor .

Katanya sempet minta resep sama opungnya , tapi katanya ngga ngeh . akhirnya minta aku buat posting resep soto medan daging ayam yang mudah dibuat katanya . oke baiklah , nih Tirza aku mau posting resep soto medan buat kamu :D . buat teman-teman yang besok pagi bingung mau masak apa bisa cobain soto medan daging ayam ini ya . untuk soto medan kata aku sih hampir mirip sama soto ayam kuah kuning ala bogor , hanya saja soto medan kuah lebih kental .

Tapi kalau dirasa-rasa bumbu yang digunakan untuk membuat soto medan ini lebih strong dan lebih komplit . untuk soto medan kita pakai daging ayam aja yah yang praktis , nanti kalau pakai daging sapi dikira soto daging khas bogor lagi :D . soto medan daging ayam ini enak banget kalau di makan masih anget-anget gitu loh . bisa disajikan dengan ketupat yang dipotong-potong kecil , tapi kalau aku sih lebih suka pakai nasi yang hangat .

Soalnya perpaduan nasi putih sama soto medan daging ayam ini aku rasa pas banget rasanya . enak , lezat dan gurih dari sang santan yang digunakan untuk kuah soto medannya . buat kalian yang orang medan , punya suami orang medan atau keluarga di medan jangan sampai terlewatkan resep soto medan ini . ngga asik banget kan , kalau ngga bisa masak masakan kesukaan keluarga dari medan seperti soto medan ini ?

Yausudah , bagi teman-teman yang penasaran sama rasanya soto medan yuck segera dicoba Resep Dan Cara Membuat Soto Medan nya seperti di bawah ini .

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat

Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat

Bahan-bahan Soto Medan :

  • Ayam 1 ekor ( dipotong menjadi 2 bagian )
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 ruas ( dimemarkan )
  • Serai 4 batang ( dimemarkan )
  • Daun bawang 4 batang ( potong-potong )
  • Garam secukupnya 
  • Santan encer 1 1/2 Liter
  • Santan kental 500 mili liter
  • Minyak Untuk menumis 

Bumbu Halus Soto Medan :

  • Bawang merah 12 siung
  • Bawang putih 6 siung
  • Jintan 1/2 sendok teh
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Kunyit 3 ruas
  • Merica 1 sendok teh
  • Jahe 2 ruas 

Cara Membuat Soto Medan :

  1. Langkah awal panaskan minyak dan tumis bumbu halus dalam panci , lalu masukkan lengkuas , daun salam dan serai hingga harum . masukkan ayam , lalu aduk dan masak hingga terlihat berubah warna .
  2. Setelah itu masukkan santan encer 500 mili liter atau hingga ayam terendam . kemudian tambahkan garam sesuai selera , lalu masak hingga ayam matang dan bumbu meresap kedalam daging ayam . angkat ayam , sisihkan .
  3. Selanjutnya tuang sisa santan encer . lalu masak hingga mendidih dan masukkan santan kental dan daun bawang , masak lagi hingga mendidih dan aduk-aduk agar santan tidak pecah . untuk soto medan memiliki kuah yang agak kental .
  4. Terakhir goreng ayam hingga kering lalu suwir-suwir. 

Selesai , soto medan pun siap untuk disajikan dengan nasi putih dan suwiran ayam di atasnya . biar lebih makyus kalian bisa menambahkan bahan pelengkap soto medan nya ya teman . kaya telur rebus , kentang rebus , tauge yang direbus , tomat yang dipotong-potong kecil , emping goreng atau kerupuk . jangan lupa taburi bawang goreng merah diatasnya biar lebih lezat .

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat yang kami sajikan kali ini . Buka juga artikel resep menarik lainnya seperti 2 Resep Membuat Gulai Ikan Paling Lezat yang wajib dicoba . makasih ya teman-teman sudah membuka mediaresepku.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . sampai bertemu di artikel resep selanjut2 Resep Membuat Gulai Ikan Paling Lezat yang wajib dicoba . makasih ya teman-teman sudah membuka mediaresepku.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk kalian . sampai bertemu di artikel resep selanjutnyanya , sekian :)

1 Response to "Resep Membuat Soto Medan Daging Ayam Lezat"

  1. In addition, an increase in demand Portable Fans for high precision and lowered operating costs and technological advancements in manufacturing processes further affect the recognition of CNC know-how. Moreover, the surge in mass manufacturing of merchandise across trade verticals, together with automotive and electronics, accounts for the CNC machine market progress. An upsurge in demand for mass customization can also be|can be} boosting the uptake of those instruments.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel