Capuccino Cupcake Wannabe

Bismillah..
Ini sebenernya produk gagal sodara-sodara.. *tutup muka, nyengir lebar
Judulnya mo bikin cupcake.. etapi kenapa hasilnya jadi muffin yak?? eheheheh.. trus kenapa pula udah gagal tetep wae diposting? abis muffin, eh cupcakenya enak sih, ahiiy..
Yang jelas sih bukan salah resep, emang tukang masaknya yang amatiran ini mah. Kurang jam terbang kalo bahasa kerennya :P

Jadi.. resep yang saya contek dari momylicious ini memang tanpa pengembang. Telur dan gula dikocok sampe mengembang baru tepung dimasukkan. Nhah, pas masukin tepung inilah tragedi terjadi *lebay
Saya masukin campuran tepung 3 bagian, yang pertama dan kedua masih aman. Giliran masukin bagian tepung yang terakhir, langsung blup! Adonan kehilangan volumenya alias kempeees..
Ayah yang kebetulan liat langsung komen, 'kok jadi cuman seiprit gitu mah..tadi kaya banyak'. Haha.. Udah speed terendah itu padahal. Iyah, nyampurin tepungnya saya masih pake mikser. Mungkin karena ini ya..rentan overmix.. tapi ah entahlah :D
Daripada adonan kebuang, akhernya saya pake soda kue untuk pertolongan pertama pada indikasi kebantetan. Karena di luar resep yaa dikira-kira aja deh takarannya. Saya tambahin lah 1 sdt soda kue. Ternyata oh ternyata.. kebanyakan sodara-sodara. Cupcakenya malah jadi ngembang bangeet dan penampakannya juga jadi mirip muffin, tinggi dan crack :D Berarti mungkin 3/4 sdt soda kue juga sudah cukup kali ya..
Dan mungkin karena overbaked/kelamaan manggang, tekstur cupcakenya agak kurang moist. Agak seret gituh kalo untuk ukuran cupcake. Yaah gitulah, pokoknya ga sukses aja kemaren buatnya hihihi.. Kapan-kapan pengen cobain lagi ah, soalnya rasanya enak :)

Capuccino Cupcake
source: Momylicious

Bahan
3 butir telur
75 gr gula pasir
110 gr tepung terigu
15 gr coklat bubuk
10 gr maizena
1 bungkus capuccino instan
1/3 sdt vanili bubuk
75 gr margarin dilelehkan/minyak sayur
choco chips untuk topping

Cara membuat:
Kocok telur dan gula hingga mengembang. Masukkan tepung yang sudah dicampur dan diayak bersama coklat bubuk, maizena dan vanili. Masukkan margarin atau minyak dan capuccino, sedikit-sedikit, aduk rata. Tuang dalam paper cup, taburi choco chips. Panggang selama 20-25 menit di suhu 180 C atau sampai matang.

Gimana..berani menerima tantangan? :P
Selamat mencoba :)

0 Response to "Capuccino Cupcake Wannabe"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel