Resep Membuat Semur Tahu Tempe Manis Gurih

Resep Membuat Semur Tahu Tempe Manis Gurih - Jika sobat mendengar sebuah kata semur, tentu saja yang sobat tahu dan terkenal dari semur pastilah semur daging . namun sobat harus tahu bahwa tak hanya daging saja yang jika dimasak semur mempunyai rasa yang nikmat . karena sajian semur dengan bumbu berkecap manis ini juga sangat cocok sekali menggunakan bahan-bahan yang sederhana . seperti kentang , telur , jengkol ataupun tahu tempe seperti resep semur yang  akan bagikan kali ini .

Nah untuk masakan semur tahu tempe ini tentu saja merupakan masakan indonesia yang tergolong sederhana dan murah meriah . Dan juga rasa yang diberikan semur tahu tempe ini juga sangat enak dan bergizi . Sobat tidak akan mengeluarkan biaya yang mahal untuk membuat semur tahu tempe . harga tahu dan tempe yang tejangkau di kalangan masyarakat luas dan dapat di temui dimana-dimana tak akan menyulitkan sobat dalam membuatnya .

Perlu sobat tahu, kunci dalam membuat resep semur tahu tempe ini tentu saja penggunaan bumbu pilihan untuk melumuri sang tahu dan tempe . Sobat bisa menggunakan aneka rempah-rempah pilihan segar khas indonesia , membuat semur tahu tempe ini pas sekali di lidah indonesia . rasa manis nan gurih dengan harum bawang putih dan bumbu lainnya akan memeriahkan meja makan sobat . sobat dapat menyajikan semur tahu tempe sebagai menu makan siang ataupun menu makan malam yang special .

Bisa jadi , jika keluarga dirumah menyukai semur tahu tempe yang sobat buat , semur ini akan menjadi salah satu daftar barisan masakan vaforit dirumah . semur tahu tempe ini juga pada dasarnya memang memiliki rasa yang manis gurih . maka dari itu bagi sobat yang menyukai rasa pedas , sobat dapat menikmati sang semur dengan sambal vaforit sesuai selera . Tapi  berbeda juga bagi anak-anak , rasa manis gurih dari semur akan menjadi salah satu makanan yang digemari .

jadi semur tahu tempe ini selain enak dinikmati oleh orang dewasa , semur ini juga dapat menjadi pilihan menu untuk si kecil . Perlu sobat ketahui juga bahwa tahu dan tempe yang mengandung banyak protein yang baik pada tubuh , sangat cocok dinikmati oleh anak dalam masa pertumbuhan . dan rasa manis gurihnya dari semur tahu tempe ini terasa enak sekali dinikmati dengan nasi putih yang pulen . yuckk , manis dan gurihkan hidangan makan siang sobat dengan semur tahu tempe ini .

Resep Membuat Semur Tahu Tempe Manis Gurih

Resep Membuat Semur Tahu Tempe Manis Gurih


Untuk membuat semur tahu tempe , tentu saja sobat harus menyiapkan bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang diperlukan . sobat akan membutuhkan beberapa potong tahu tempe dan beberapa bumbu lainnya . coba cek dapur sobat , bumbu apa saja yang tersedia di dapur . jika dirasa ada yang kurang , sobat dapat mencarinya di pasar tradisional ataupun di tempat belanja yang biasa sobat kunjungi . 

Bagaimana sobat, apakah sobat sudah penasaran dan ingin segera membuat semur tahu tempe ini dirumah ? jika begitu sobat bisa simak baik-baik resep dan cara membuat semur tahu tempe nya dibawah ini . :)

Bahan-Bahan Semur Tahu Tempe :

  • Tempe 400 gram ( dipotong sesuai selera )
  • Tahu kulit segitiga 8 buah

Bumbu-bumbu Semur Tahu Tempe :

  • Salam 2 lembar
  • Serai 2 tangkai ( dimemarkan )
  • Jahe 1 centi meter ( dimemarkan )
  • Lengkuas 1 centi meter
  • Tomat merah 1 buah ( dipotong-potong )
  • Kecap manis 7 sendok makan
  • Garam 2 sendok teh
  • Pala bubuk 1/2 sendok teh
  • Air 1.200 mili liter
  • Minyak goreng 2 sendok makan

Bumbu Halus Semur Tahu Tempe :

  • Bawang merah 6 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 5 butir ( disangrai )

Cara Membuat Semur Tahu Tempe : 

  1. Langkah awal panaskan minyak goreng , lalu tumis bumbu halus bersama daun salam , lengkuas , dan serai hingga tercium aroma wangi . lalu tambahkan tomat , aduk hingga layu . kemudian tambahkan tahu dan tempe . aduk hingga rata .
  2. Selanjutnya sobat masukkan kecap , garam  dan pala bubuk . aduk terus hingga rata .
  3. Terakhir sobat tuangi air, masak sambil ditutup hingga kuah terlihat  mengental dan bumbu meresap .
  4. Kemudian Sobat angkat, dan Resep Membuat Semur Tahu Tempe Manis Gurih siap untuk dihidangkan .

Selesai , itulah dia bahan-bahan dan cara bagaimana membuat semur tahu tempe nya , cukup mudah bukan ? dan jangan lupa sobat taburi bawang merah goreng diatasnya , agar lebih terasa gurih . oh iya , pada resep semur tahu tempe ini sobat bisa menggunakan tahu kulit sebagai bahannya . namun jika sobat lebih suka tahu putih atau tahu cina , boleh-boleh saja untuk menggantinya . namun tahu putihnya bisa sobat  goreng dulu hingga berkulit ya , biar enak dan makyus .

Oke sobat, selamat mencoba serta berkreasi sendiri dengan resep semur tahu tempe yang kami bagikan kali ini . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Bakso Tomat Special Moncrot yang akan sayang sekali jika sobat lewatkan . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk sobat . jika sobat menyukai artikel Resep Membuat Semur Tahu Tempe Manis Gurih yang kami bagikan , silahkan like atau share ke media sosial kalian seperti facebook , twitter atau google plus .

0 Response to "Resep Membuat Semur Tahu Tempe Manis Gurih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel