Cara Membuat Sambal Tongkol Suwir Sedap

Cara Membuat Sambal Tongkol Suwir -Masakan nusantara yang satu ini adalah Sambal Tongkol Suwir. Masakan ini merupakan resep masakan keluarga, karena sejak kecil ibu selalu membuatkan menu masakan ini untuk orang di rumah dan rasanya mantap dan nikmat.

Kebanyakan orang mengolah ikan Tongkol hanya di goreng atau disambal balado dengan irisan ikan besar-besar. Ternyata ikan Tongkol dapat disulap menjadi olahan makanan yang lebih nikmat dengan cara yang sangat sederhana yaitu di Suwir. 

Dengan metode penyuwiran ikan Tongkol ternyata dapat menciptakan rasa yang lebih nikmat, karena bumbunya akan lebih meresap. Ikan Tongkol Suwir paling enak dimasak sambal dengan capai merah yang banyak dijamin membuat ketagihan.

Selain enak, Ikan Tongkol uga memiliki banyak kandungan gizi yang dapat membantu menjaga kekebalan otak dan sangat baik dikonsumsi oleh anak serta ibu hamil. Mengkonsumsi Ikan Tongkol dapat membantu memilihkan keadaan tubuh yang kurang fit. 

Kreasi masakan memang sangat beragam, tinggal pandai-pandainya kita memadukan bahan dengan selera lidah kita. Sebelumnya kami membuat kreasi minuman yaitu Resep Membuat Kopi Hitam Nikmat yang sangat istimewa. Sekarang kami akan berkreasi resep andalan keluarga yaitu Resep Sambal Tongkol Suwir dengan citarasa unik dan mengoda selera.

Cara Membuat Sambal Tongkol Suwir yang enak sangat mudah dan praktis, bahan dan bumbu yang digunakan juga ada di pasar tradisional maupun modern dengan harga yang terjangkau. Beriut ini akan kami sajikan resep lengkapnya yang kami kemas dalam artikel Cara Membuat Sambal Tongkol Suwir sedap. Silahkan simak resep diawah ini.

Cara Membuat Sambal Tongkol Suwir
Cara Membuat Sambal Tongkol Suwir

Bahan Sambal Tongkol Suwir :

  1. 2 batang serai, memarkan
  2. 6 lembar daun jeruk
  3. 2 cm jahe, memarkan
  4. 50 lembar daun kemangi
  5. 5 sdm minyak, untuk menumis
  6. 250 gram daging ikan pindang tongkol, suwir-suwir
  7. 3 buah cabai merah besar, iris halus
  8. 10 buah cabai rawit merah, iris

Bumbu Halus Sambal Tongkol Suwir :

  1. 5 buah cabai hijau besar
  2. 20 buah cabai rawit hijau
  3. 7 butir bawang merah
  4. 4 cm jahe
  5. 1 sdt garam

Cara Membuat Sambal Tongkol Suwir :

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama serai, daun jeruk, dan jahe hingga harum.
  2. Masukkan ikan tongkol suwir, aduk rata, tambahkan daun kemangi, cabai merah, dan cabai rawit. Aduk dan masak hingga bumbu meresap. Angkat.
  3. Sajikan sebagai pelengkap nasi rames.
Nikmati masakan Sambal Tongkol Suwir bersama nasi yang hangat dan pulen serta dilengkapi dengan masakan sayur tumis kangkung, cah kangkung saus tiram, atau tumis brokoli dengan aneka sayuran lainnya. Berkumpul dengan keluarga dilengkapi menu hidangan yang istimewa.

Demikian Resep dan Cara Membuat Sambal Tongkol Suwir yang enak dan sedap. Nantikan resep-resep kami lainnya hanya di mediaresepku.blogspot.com bersama kami yang akan menyajikan berbagai resep dan rahasia masakan lezat. Silahkan anda mencobanya sendiri di dapur kesayangan anda. Semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Membuat Sambal Tongkol Suwir Sedap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel