Cara Membuat Teh Talua Khas Padang

Cara Membuat Teh Talua - Minuman Teh Talua merupakan minuman asli dari Sumatera tepatnya di Padang. Talua artinya berarti telur. Teh Talua adalah minuman teh yang dicampur dengan kuning telur ayam kampung atau bebek, susu serta ditambah gula

Menurut cerita rakyat masyarakat Padang, konon Teh Talua dikenal dengan teh untuk para kaum berada atau bangsawan. Namun sekarang semua orang dapat menikmati nikmatnya Teh Talua di rumah maupun di kedai minuman.  Minuman tradisional ini bisa kamu minum saat pagi atau malam hari.

Teh Talua paling enak dinikmati sambil berkumpul bersama kaawan-kawan atau keluarga di kedai. Sedangkan di rumah, Teh Talua biasa diminum sebelum melakukan kegiatan, karena dipercaya bisa memberikan kebugaran bagi tubuh.

Teh Talua terdiri dari tiga lapis, yakni lapisan kecoklatan, putih dan busa. Cara Membuat Teh Talua adalah dengan mengaduk kuning telur dengan gula hingga berbusa. Tambahkan seduhan air teh dan susu kental manis. Untuk menghilangkan bau amis, bisa ditambah dengan sedikit perasan jeruk nipis.
  
Rasanya segar dan bisa menambah stamina, jika kompisisinya tepat maka teh tidak berbau anyir. Wujud Teh Talua sekilas seperti Capuccino Latte hanya saja kalau Teh Talua memiliki 3 lapis warna. Bagi para pecinta minuman jamu penambah stamina, Teh Talua sangat cocok dijadikan salah satu menu jamu andalan. 

Di wilayah Jawa sangat jarang ditemui menu minuman Teh Talua, sehingga masih banyak yang belum mengetahui minuman berkhasiat ini. Cara Membuat Teh Talua sangat mudah dan bahannya juga mudah di dapat di warung tradisional. Berikut Resep Lengkap Teh Talua yang enak dan sehat.

Cara Membuat Teh Talua
Cara Membuat Teh Talua

Bahan Teh Talua :

  1. 1 kuning telur ayam kampung atau bebek
  2. 2-3 sdm gula pasir, atau sesuai selera
  3. Teh bubuk
  4. 1 iris jeruk nipis

Cara Membuat Teh Talua :

  1. Kocok kuning telur dan gula sampai mengembang dan berwarna pucat.
  2. Seduh teh dengan air mendidih. Buat teh yang cukup kental.
  3. Tuang ke dalam kocokan telur dan gula yang sudah mengembang tadi.
  4. Bubuhi perasan air jeruk nipis secukupnya untuk menawar bau anyir dari telur.
  5. Teh telur siap dihidangkan pada pagi atau malam hari.
Penyajian Teh Talua katanya akan lebih istimewa kalau mengocok teh yang terbuat dari kayu rotan yang dibelah ujungnya, maka rasa dari teh akan semakin nikmat. Demikian Resep dan Cara Membuat Teh Talua khas Padang yang enak dan nikmat. Simak juga resep kami sebelumnya yaitu Resep Ingkung Ayam Empuk Khas Jogja hanya di mediaresepku.blogspot.com yang selalu menyajikan aneka resep pilihan. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat


0 Response to "Cara Membuat Teh Talua Khas Padang "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel