Memahami Manfaat Jahe

Lebih dari sekadar bumbu atau makanan lezat - temukan manfaat kesehatan dari jahe

Jahe, yang secara resmi dikenal sebagai Zingiber officinale, adalah rempah-rempah yang luar biasa dihargai karena rasanya dan khasiat obatnya. Artikel ini akan memberi Anda manfaat luar biasa dari jahe, mungkin mengejutkan oleh beberapa orang.



Akar Jahe Kuno

Salah satu hal yang membuat jahe sangat unik adalah telah digunakan selama lebih dari 2.500 tahun oleh ahli herbal Cina. Meskipun sering digunakan untuk penyedap, orang Cina menemukan bahwa ramuan jahe dapat menyembuhkan tubuh. Ketika popularitas jahe meningkat, orang-orang Yunani mulai menggunakannya untuk membuat roti, sehingga pembuatan roti jahe, dan penjajah di Amerika Utara menemukan bahwa dengan menyeruput bir jahe, perut yang sakit menjadi tenang. Untuk alasan itu, salah satu dari banyak manfaat jahe adalah mual.

Sebenarnya, akar ini sangat efektif sebagai bantuan pencernaan karena terutama dari bahan aktif shogaol dan gingerol. Kedua komponen alami ini bekerja dengan menetralkan asam lambung, meningkatkan sekresi cairan pencernaan, dan mengencangkan otot saluran pencernaan. Dengan jahe yang menenangkan perut, perut kembung seringkali lega. Kombinasi yang sangat baik untuk mengobati perut kembung adalah dengan mencampur jahe parut dan jus jeruk nipis encer.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Untuk memahami sepenuhnya manfaat jahe, mari kita hancurkan. Pertama, untuk mual, masalah dengan resep obat anti-mual yang teratur adalah ia bekerja dengan melalui sistem saraf pusat tubuh. Karena itu, seseorang akan sering mengalami kantuk, efek samping yang tidak diinginkan. Dengan jahe, kantuk jarang menjadi masalah. Selain itu, jahe telah terbukti membantu dengan reaksi anestesi. Umumnya, orang yang menjalani operasi akan bangun hanya untuk merasa mual. Dalam sebuah studi terkontrol, ditunjukkan bahwa dengan mengambil hanya satu gram jahe sebelum operasi, efek anestesi secara signifikan lebih sedikit. Namun, sebagian besar profesional medis melarang jahe sebelum operasi karena menyebabkan trombosit menjadi kurang "lengket", yang dapat meningkatkan risiko perdarahan.

Bagaimanapun, bisa mengendalikan mual memiliki banyak manfaat. Sebagai contoh, untuk individu yang menderita mabuk perjalanan, hanya satu gram jahe bubuk yang diminum setiap hari dapat memotong insiden muntah dan berkeringat. Faktanya, salah satu manfaat dari jahe spesifik untuk mabuk perjalanan adalah bahwa ia terbukti memberikan efek menenangkan. Hal yang sama berlaku untuk pusing, yang merupakan efek samping yang sering dikaitkan dengan mabuk perjalanan. Dengan jahe, tingkat pusing berkurang.

Jahe dan Efek Anti Radangnya

Manfaat jahe yang lain untuk kesehatan berkaitan dengan rasa sakit kronis, keluhan umum di antara jutaan orang. Karena jahe mengandung komponen anti-inflamasi, jahe secara tidak langsung dapat menghilangkan rasa sakit dengan mengurangi peradangan. Apa yang terjadi adalah bahwa prostaglandin, senyawa penyebab nyeri alami, berkurang sehingga orang tersebut dapat menghilangkan rasa sakit. Menariknya, banyak terapis pijat profesional akan menggunakan minyak jahe untuk alasan ini. Untuk nyeri otot dan persendian yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis atau bahkan orang-orang yang bermain olahraga, satu gram jahe bubuk yang diminum setiap hari dapat memberikan bantuan yang sangat baik.

Manfaat kesehatan lain dari jahe termasuk mengurangi gejala yang berhubungan dengan alergi, flu biasa, dan masalah pernapasan lainnya. Karena jahe adalah antihistamin alami dan dekongestan, jahe dapat memberikan bantuan luar biasa dari gejala-gejala ini dengan melebarkan saluran bronkial yang menyempit. Seperti yang Anda lihat, ada banyak manfaat jahe, banyak yang tidak diketahui. Karena keragaman jahe, kami sangat merekomendasikannya untuk ditambahkan ke daftar suplemen harian seseorang.

Membeli Suplemen Jahe

Saat Anda membeli suplemen jahe, pastikan mereka mengandung senyawa pedas, sekali lagi shogaol dan gingerol. Baik membeli dalam bentuk bubuk, dalam bentuk kristal, ekstrak dalam bentuk pil, jahe segar, atau sebagai teh, Anda akan menikmati perasaan yang lebih baik. Anda bahkan dapat memanfaatkan jahe dengan minum delapan ons ale jahe setiap hari. Ingat, hanya satu gram membuat perbedaan besar sehingga Anda tidak diharuskan untuk mengkonsumsi dalam jumlah besar.

Akhirnya, ada beberapa nada peringatan yang terkait dengan jahe. Wanita hamil sebaiknya tidak menggunakan jahe dalam mengobati mual selama trimester pertama dan bagi penderita batu empedu, jahe dalam jumlah besar harus dihindari. Sekali lagi, orang yang akan menjalani operasi atau mereka yang mudah berdarah harus menghindari jahe juga karena dapat menyebabkan perdarahan.


0 Response to "Memahami Manfaat Jahe"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel