Banyaknya Air yang Anda Minum Setiap Hari

Beberapa orang tidak menyadari nilai air, dan bagaimana meminumnya dapat memiliki efek besar pada kesehatan mereka secara keseluruhan. Bahkan jika sangat penting untuk minum banyak air, banyak dari orang-orang ini mungkin tidak minum jumlah air yang tepat setiap hari.



Menurut Institute of Medicine, pria disarankan untuk mengonsumsi 3 liter air sehari, sedangkan wanita seharusnya mengonsumsi 2,2 liter setiap hari.

Sekitar 70% tubuh terbuat dari air, sementara 71% permukaan bumi tertutup air. Karena air ditemukan di mana-mana, orang menerima begitu saja, dan minum dalam jumlah yang cukup tidak termasuk dalam daftar prioritas mereka.

Di antara berbagai bagian tubuh, ginjal sangat bergantung pada asupan air yang cukup. Meskipun organ-organ ini mungkin tidak mendapatkan banyak perhatian seperti jantung atau paru-paru, mereka memiliki banyak fungsi penting yang membantu menjaga kesehatan tubuh.

Alasan untuk Minum Air

Sel-sel dan organ tubuh kita membutuhkan air sehingga mereka dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, cairan vital ini mengatur tekanan darah, melumasi sendi, membantu perjalanan makanan melalui usus, dan melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif.

Sebagian air yang dibutuhkan oleh tubuh berasal dari makanan yang memiliki kandungan air tinggi - seperti sup, jeruk, dan tomat - tetapi sebagian besar berasal dari air minum dan minuman lain.

Ketika orang melakukan aktivitas normal sehari-hari, tubuh mereka kehilangan air dan itu harus diisi ulang. Jelas bahwa air hilang ketika berkeringat dan kencing. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa itu juga hilang saat bernafas.

Baik minum dari botol atau keran, air adalah sumber cairan terbaik bagi tubuh. Susu dan jus adalah sumber air yang baik, sementara minuman dengan kandungan kafein dan alkohol seperti kopi, minuman ringan dan bir tidak terlalu baik - mereka memiliki sifat diuretik yang menyebabkan tubuh mengeluarkan air.

Jumlah Air yang Tepat untuk Diminum

Jumlah air yang tepat yang harus dikonsumsi setiap hari bervariasi dari satu orang ke orang lain, berdasarkan faktor yang berbeda - kegiatan sehari-hari dan jumlah keringat yang mereka keluarkan. Tidak ada aturan universal mengenai konsumsi air yang perlu dicapai. Namun demikian, ada tingkat kesepakatan umum mengenai jumlah yang sehat.

Institute of Medicine atau IOM mengatakan bahwa jumlah air yang cukup yang harus dikonsumsi pria adalah sekitar 13 gelas atau 3 liter sehari. Mereka merekomendasikan 9 cangkir atau sekitar 2,2 liter untuk wanita.

Selalu dikatakan bahwa orang perlu minum delapan gelas (delapan ons per gelas) sehari, yaitu sekitar 1,9 liter. Ini sangat dekat dengan rekomendasi IOM untuk wanita. Entah bagaimana mudah untuk mengingat kuantitas 8 x 8 untuk mengaturnya di jalur yang benar, ketika menyangkut konsumsi air.

Terlebih lagi, air juga membantu melarutkan nutrisi dan mineral agar lebih tersedia bagi tubuh. Ini juga membuang produk limbah dari sistem tubuh. Dua fungsi ini membuat air penting bagi ginjal.


0 Response to "Banyaknya Air yang Anda Minum Setiap Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel